Panitia Gladnas PA Kunjungan di Kodam XIV/Hasanuddin

MAKASSAR – Panitia Gladian Nasional Pecinta Alam (Gladnas PA) ke-XV melakukan kunjungan di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XIV/Hasanuddin, Makassar, Rabu (11/3/2020).

Pada kesempatan itu Ketua Panitia Gladnas, Halim Bakaring didampingi SC Gladnas, Eko Budyanto dan Sekretaris Gladnas Ahmad Reza.

Menurut Halim Bakaring, kunjungan ke Makodam ini dalam rangka silaturahmi persiapan perhelatan akabr pecinta alam seluruh Indonesia.

“Gladian Nasional Pecinta Alam yang ke 15 ini, nantinya akan dilaksanakan di Sulawesi Selatan pada bulan Oktober mendatang. Karena scopenya nasional, maka kami selaku panitia melakukan kunjungan silaturahmi kepada Forkopimda Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Eko Budyanto menambahkan bahwa kunjungan ini tidak lepas dari budaya Bugis-Makassar.

“Kunjungan ini dalam rangka meminta dukungan sekaligus minta restu. Appatabe’ nakumammuji mange rikatte daeng malabbirikku (Mohon izin sekaligus meminta restu kepada orang yang kami hormati) dalam bahasa Makassarnya,” kata Kobe, sapaan akrab Eko Budyanto.

Sementara Letnal Kolonel, Agus Waluyo yang didampingi Mayor Yulis saat menerima rombongan panitia Gladnas mengatakan bahwa kegiatan positif dari kalangan pecinta alam ini selayaknya untuk didukung.

“Pada dasarnya kami mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan di Sulawesi Selatan. Apa yang menjadi permohonan panitia Gladnas selanjutnya akan kami sampaikan ke pimpinan,” kata Letkol Agus Waluyo.

Sekadar diketahui, Gladian Nasional Pecinta Alam ke-XV di Sulawesi Selatan ini menyiapkan 6 divisi kepecintaalaman.

“Untuk divisi selam akan dilaksanakan di Pulau Kapoposang dan Pulau Kodingareng Keke, divisi susur goa di Kabupaten Maros, divisi paralayang di Kabupaten Barru, divisi panjat tebing dan gunung hutan di Kabupaten Enrekang dan divisi arung jeram di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Luwu Utara,” kata Ahmad Reza.